Langsung ke konten utama

catiknya pulau lombok

Pulau lombok yang merupakan bagian dari provinsi NTB yang merupakan bagian kepulauan nusa tenggara adalah sebuah pulau yang cantik dan mempesona.
dihuni oleh mayoritas penduduk lokal suku sasak dan sebagian lain suku suku nusantara seperti suku bali, jawa, bugis, mandar, mbojo dsb, memberikan warna yang harmonis bagi kerukunan dan kekayaan budayanya.

pulau yang kini dibagi menjadi 5 wilayah administrasi pemerintahan kota/kabupaten ini mayoritas penduduknya masih mengandalkan bidang agraris sebagai lapangan pekerjaan mayoritas penduduknya.

secara iklim lombok sangatlah unik.. dimana bagian utara pulau merupakan dataran tinggi pegunungan rinjani yang menjadikannya beriklim dingin dan memiliki curah hujan yg lebih di banding daerah timur dan selatan yang merupakan dataran rendah. hal ini juga berpengaruh terhadap pemanfaatan lahan dan jenis tanaman pertanian serta karakter sosial masyarakatnya.

selain pertanian, sektor unggulan lain yang kini sangat digalakkan pemerintah adalah sektor pariwisata. Pulau Lombok memiliki potensi Pariwisata yang sangat potesial seperti wisata alamnya yang luar biasa terdiri dari agro wisata dan wisata pantai serta wisata budaya dan sejarah yang luar biasa.

mulai dari keindahan gunung rinjani yang menawan wata dunia, pantai pantai yang berpasir putih, keagungan budaya lokal yg mengundang wisatawan dalam dan luar negri untuk berkunjung ke lombok. dari sejumlah data valid, tahun ke tahun angka kunjungan wisatawan ini meningkat tajam.

"berkunjunglah ke lombok selagi anda hidup".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliner Sasak

Pernah tau apa Hidangan Istimewa di Lombok "Pesajik Dulang" Sebagian besar masyarakat sasak masih memegang tradisi pesajikn dulang untuk menyajikan makanan pada tamu tamu penting atau pada acara adat di lombok. sensasi makan dengan pesajik dulang ini mantap,,,, lauk lauk special sasak memenuhi pesajik dulang maknyussssssssssss.

NGOREK!

NGOREK! tradisi ngorek adalah seni beladiri kanuragan atau atraksi kekebalan tubuh dari senjata tajam.  ini mungkin sama halnya dengan debus dan sejenisnya. namun tradisi ngorek ini adanya di Pulau Lombok. atraksi ini biasanya dirangkai dengan kegiatan adat, bukan sebagai kesombongan tetapi mencitrakan bagaimaana seorang pemuda sasak yang mampu sebagai pelindung keluarganya. pertunjukan ngorek ini biasanya dilakukan pada waktu upacara pernikahan nyongkolan. kazanah budaya sasak memang kaya.

LAMERANG Keindahan yg tersembunyi

Nama Lokasi : Tajnung Lamerang Detail lokasi   : Dusun Lamerang Desa Sekaroh Lotim Jarak             : 60 km dari mataram bisa ditempuh dgn menyebrangi teluk serewe dgn speed boat  15 menit. melalui pantai cemare atau dusun serewe lombok timur.